Mengurus Ijin Usaha Itu Mudah

  • 0

Mengurus Ijin Usaha Itu Mudah

Category : Berita

Legalitas suatu usaha dalam bentuk SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) merupakan hal mutlak yang harus dimiliki agar memudahkan pelaku usaha untuk berkembang. Dengan adanya legalitas usaha, usaha kecil menengah dapat lebih leluasa mengembangkan usahanya karena fasilitas pembiayaan dari Bank mudah didapatkan selain itu dapat menghindarkan dari suatu masalah dikemudian hari.
Pengurusan ijin usaha ini pun tidak hanya mengikat untuk perusahaan dalam skala besar namun juga meliputi usaha skala kecil dan menengah baik dalam bentuk koperasi, CV, Usaha perorangan maupun Badan Usaha Lainnya.

Saat ini mengurus ijin usaha tidak lagi berbelit belit. Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran ijin SIUP dan TDP yang bisa didapatkan di Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) atau mendownload langsung formulirnya di website BPTPM : bptpm.sragenkab.go.id. Setelah formulir terisi, untuk usaha perorangan, sesuai dengan Permendag RI no 37/M-DAG/PER/9/2007, perlu dilengkapi dengan persyaratan Fotokopi KTP, Fotokopi NPWP, pas photo 4×6 sebanyak 2 lembar, surat keterangan usaha dari kelurahan yang bertanda tangan di atas materai dan diserahkan ke loket perijinan usaha di kantor BPTPM untuk diproses dengan waktu penyelesaian 3 hari.

Jika usaha anda berbentuk CV persyaratan ditambah dengan ijin HO dan fotokopi akta pendirian, sementara untuk usaha yang  berbentuk  Koperasi dilengkap ijin HO dan fotokopi Akta Pendirian Koperasi yang dilengkapi dengan susunan pengurus koperasi dan susunan anggota koperasi. Sementara untuk bentuk usaha PT (perseroan terbatas) selain ijin HO, ditambah dengan Fotokopi  akta notaris dan fotokopi SK Menkumham.

Berdasarkan data terakhir yang dihimpun dari simperizinan.sragenkab.go.id. jumlah Rekapitulasi Penerbitan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) pada tahun 2015 untuk PT (perseroan terbatas) sebanyak  81 perusahaan, Koperasi 11, CV 137 ,  dan usaha perorangan (po) sebanyak 1093. Sementara perkembangan penerbitan surat ijin usaha perdagangan (SIUP) pada tahun 2015 untuk  Perusahaan Besar (dengan modal  lebih dari Rp. 10 M) sebanyak 2 buah perusahaan, Perusahaan Menengah (dengan modal dari 500 Juta sampai dengan 10 M) sebanyak 72, sementara untuk Perusahaan Kecil (dengan modal 50 Juta sampai dengan 500 Juta) sebanyak 1182 .  (ry)