Belajar Optimalisasi Pelayanan Publik, Kabupaten Pangandaran Kunjungi Sragen

  • 0

Belajar Optimalisasi Pelayanan Publik, Kabupaten Pangandaran Kunjungi Sragen

Category : Berita

SRAGEN – Dalam rangka membangun kesiapan daerah mewujudkan pelayanan publik yang prima, rombongan pejabat daerah dan perwakilan DPRD dari Kabupaten Pangandaran  kunjungi BPTPM Kabupaten Sragen selasa, 19 Januari 2016.

Kunjungan dipimpin langsung oleh Calon Bupati terpilih Kabupaten Pangandaran Jeje Wiradinata. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Sragen Agus Fatchurrahman SH, MH didampingi oleh Kepala Badan Perijinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM) Kab.Sragen Tugiyono, SH dan  Kepala Kantor PDE Dwiyanto, S.STP, M. Si.

Dijelaskan oleh Sekda Kabupaten Pangandaran H. Mahmud, SH, MH, sebagai daerah pemekaran yang baru berusia tiga tahun, Kabupaten Pangandaran merasa perlu untuk mencari banyak referensi tentang pelayanan publik. Terutama dalam hal perizinan dengan optimalisasi IT di Kabupaten Sragen.

Dipilihnya Kabupaten Sragen sebagai rujukan ini tidak lepas dari rekomendasi Mendagri dan Menpan yang mengakui pelayanan publik di Sragen sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. “Dalam rangka memulai pemerintahan yang baru dan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Mendagri merekomendasikan untuk belajar ke Kabupaten Sragen”. Dia menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Sragen sebagai tempat mencari referensi tentang pelayanan public ini tidak lepas dari BPTPM Kab. Sragen yang telah banyak  menuai prestasi ditingkat nasional.

Sementara itu Kepala BPTPM Sragen, Tugiyono, SH menyambut baik kunjungan Kabupaten Pangandaran ini dan siap untuk bekerjasama lebih lanjut dalam mewujudkan pelayanan public yang prima berbasis IT.  Dalam paparannya juga dijelaskan sejarah awal pembentukan BPTPM Kabupaten Sragen hingga perjalanannya sebagai PTSP terbaik tingkat nasional yang menjadi banyak rujukan di berbagai kabupaten.

Tugiyono, SH juga menjelaskan, pelayanan publik terpadu satu pintu yang dikembangkan di Kabupaten Sragen saat ini dapat berjalan efisien dalam hal waktu selain didukung dengan SDM berkualitas, juga disupport dengan pemanfaatan teknologi informasi. Saat ini pengurusan berbagai izin di BPTPM Sragen telah diproses melalui aplikasi SIM perizinan. Sehingga pemohon perizinan dapat mengurus perizinan dengan cepat dan dapat langsung mengecek saat ini dokumen perizinan telah selesai dikerjakan atau belum melalui menu tracking dokumen yang terdapat di website BPTPM yaitu bptpm.sragenkab.go.id.

Perizinan online saat ini dikembangkan Kabupaten Sragen melalui  alamat url http://simperizinan.sragenkab.go.id. Aplikasi ini merupakan produk yang dikembangan oleh BPTPM bekerjasama dengan Kantor Pengelola Data Elektronik (PDE) Sragen. Melalui Implementasi e-government ini, Kabupaten Sragen berusaha memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat dengan efisiensi waktu dan tenaga, efektifitas dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik. (ry)